Ads

Minggu, 01 Juli 2012

Tanda-tanda Gejala Aneurisma Aorta | Artikel Info|

Posted By: Tiga Sahabat - 08.23
Hallo sobat blogger,, udah lama nie ngak update, karna ada kendala teknis,, nah kali ini GK akan memberikan sebuah informasi dan pengetahuan tentang kesehatan, mungkin sobat masing asing mendengar penyakit yang satu ini, seperti yang dijelaskan pada post sebelumnya tentang Aneurisma,, ok dari pada penasaran langsung saja baca info berikut semoga bermanfaat:


Aorta adalah salah satu arteri terbesar dalam tubuh yang mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh.Aneurisma (aneurysm) adalah istilah yang berasal dari kata Yunani ‘aneurysma’ yang berarti pelebaran atau dilatasi. Dengan demikian, aneurisma aorta berarti pembesaran atau pelebaran aorta. Tekanan darah pada dinding aorta yang melemah akan menyebabkan aorta membengkak. Pembengkakan pada awalnya berukuran kecil dan kemudian tumbuh seiring meningkatnya tekanan.
Aneurisma aorta merupakan kondisi berbahaya karena menyebabkan pecahnya aorta yang pada gilirannya menyebabkan komplikasi perdarahan.
Tahap awal aneurisma aorta sering tanpa gejala apapun.
Aneurism aorta umumnya diketahui secara kebetulan ketika seseorang melakukan pemeriksaan medis untuk kondisi lainnya.

Gejala Pecahnya Aneurisma Aorta
Ketika aorta yang terkena membengkak ke ukuran kritis atau malah pecah, rasa sakit hebat umumnya dirasakan di dada bagian atas atau punggung. Seiring dengan dada dan nyeri punggung, peningkatan keringat dan laju denyut jantung juga akan terjadi.
Darah dari aorta yang pecah akan terus mengalir dalam aliran darah untuk kemudian mengendap sebagai bekuan (gumpalan) darah. Bekuan darah bisa menghambat aliran normal darah ke setiap bagian tubuh dan semakin memperparah masalah. Banyak pasien aneurisma aorta pecah mengeluh adanya denyutan kuat dari dalam dada, mual, muntah, dan perasaan kenyang meskipun hanya makan sedikit makanan.

Dua jenis gejala aneurisma aorta.

Gejala Aneurisma Aorta Dada

Aorta pada lengkungan diafragma disebut aorta dada.

Gejala aneurisma aorta dada termasuk nyeri dada, nyeri punggung atas, dan nafas cepat jika aneurisma terjadi di daerah paru-paru.
Dalam beberapa kasus aneurisma aorta dada, suara akan menjadi serak yang disertai dengan kesulitan menelan.
Aneurisma aorta dada beresiko pecah sehingga akan mengancam jiwa.
Saat pecah, maka akan terjadi penurunan tekanan darah secara ekstrim serta shock. Kondisi ini memerlukan intervensi medis segera.

Gejala Aneurisma Aorta Perut

Bagian aorta yang dimulai dari diafragma sampai bercabang membentuk arteri iliaka umum dikenal sebagai aorta perut (abdominalis). Fungsi dari aorta perut adalah untuk menyediakan darah beroksigen ke struktur perut dan panggul. Oleh karena itu, aneurisma aorta yang terjadi di perut menyebabkan ketidaknyamanan pada perut, dada, punggung bagian bawah, pangkal paha, kaki, bokong, dan wilayah di ginjal.
Gejala aneurisma aorta perut yang paling umum adalah nyeri pada bagian tubuh yang disebutkan di atas. Intensitas nyeri dapat berkisar dari ringan sampai parah.
Ketika aneurism pecah, sirkulasi darah ke bagian bawah tubuh akan sangat terpengaruh sehingga kaki menjadi dingin dan kesemutan.
Aneurisma aorta bisa membahayakan. Namun, kondisi ini dapat diobati jika didiagnosis pada tahap awal.
Siapapun yang melebihi usia 55 tahun, merokok, atau memiliki riwayat keluarga aneurisma (aneurysm) akan memiliki risiko yang lebih tinggi.

Sumber

About Tiga Sahabat

Hi, I am Hafeez Ullah Khan. A webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of geeks and professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar untuk membangun blog kecil ini. terimakasih

© 2015 - Designed by: Templatezy & Copy Blogger Themes