Ads

Selasa, 11 Maret 2014

Perkembangan Teknologi Jaringan Komputer | Artikel Info

Posted By: Tiga Sahabat - 11.39

Pada jaman modern seperti saat ini, komputer telah menjadi sebuah kebutuhan yang sangat penting dalam berbagai bidang. Tanpa komputer manusia akan ketinggalan sebuah kemajuan di dunia ini, misalnya kemajuan dunia pendidikan,kesehatan, pertahanan negara, dan amasih banyak lagi yang lainnya. Pada kesempatan kali ini GK akan membahas tentang perkembangan jaringan komputer di dunia ini.

Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sebuah rangkaian dua atau lebih komputer. Komputer-komputer ini akan dihubungkan satu sama lain dengan sebuah sistem komunikasi. Dengan jaringan komputer dapat memungkinkan untuk saling bertukar data, program, dan sumber daya komputer lainnya.seperti media penyimpanan, printer, dll. Tujuan dari jaringan komputer sharing resource (sumber daya), dimana sebuah komputer dapat memanfaatkan sumber daya yang di miliki komputer lain yang berada pada jaringan yang sama.

Sejarah Jaringan Komputer periode awal Dekade 60an


Pada tahun 1960 AT & t mengawali sejarah jaringan komputer dengan merancang Dataphone, modem komersial pertama, khusus untuk mengkonversi data komputer digital ke sinyal analog untuk transmisi jaringan jarak jauh. Di luar produsen digabungkan Bell Laboratories´ digital data set produk komersial. Pengembangan teknik jaringn baru ini digunakan untuk melestarikan bandwidth modulasi sistem transmisi peningkatan efisiensi dalam sistem nasional dan global.

Tahun 1964,IBM´s SABRE, online membuat debut di sistem reservasi pemrosesan transaksi untuk mengatur American Airlines. Menggunakan saluran telepon, SABRE menghubungkan 2.000 terminal di 65 kota-kota dipasangkan ke komputer IBM 7090, untuk menyampaikan data pada setiap penerbangan dalam waktu kurang dari tiga detik. dari tahun ini sejarah jaringan komputer publik dimulai.

Di tahun 1964 ini juga Joss Configuration (Johnniac Open Shop Systen) untuk layanan percakapan time sharing. Layanan di awaIi dari Rand’s Johnniac. Muncnya Time sharing muncul karena panjangnya batch menghambat pemcahan masalah. Time sharing ditujukan untuk membawa pengguna kembali ke kontak dengan mesin debugginng online dan pengembangan program.

1966 John van Geen dari Stanford Research Institute memperbaiki cara kerja modem secara akustik. Penerimaanya dapat dengan andal menerima data bit meskipun latar belakangnya terdengar bising untuk percakapan jarak jauh. Penemuan ini dikembangkan menjadi modem secar akustik digabungkan untuk menghubungkan komputer ke jaringan telepon untuk penggunaan handset sehari-hari.

pada tahun 1969, Sejarah jaringan komputer global ( dunia ) dimulai, ketika Departemen Pertahan Amerika, membentuk Defense Advance Research Projects Agency ( DARPA ) yang bertujuan mengadakan riset mengenai ‘cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik’.

Sejarah Jaringan Komputer periode Dekade 70an

Pada tahun awal dekade 70an sejarah jaringan komputer ditandai pemasangan Mesin Teller otomatis pertama kalinya di Citizens and Southern National Bank Georgia, pada tahun yang sama ARPANET (Advance Research projects Agency Network ). pada tahun 1970, lebih dari 10 komputer telah berhasil dihubungkan ( satu dengan yang lain) , saling berkomunikasi, dan membentuk sebuah jaringan. Sejarah jaringan komputer dan internet pada atahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk riset ARPANET. Program e-mail tersebut begitu mudah dan lansung populer saat itu. pada tahun yang sama, icon [@] diperkenalkan sebagai lambang yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer yang diberi nama ARPANET mulai dikembangkan meluas sampai luar Amerika Serikat. komputer di University College di London merupakan komputer diluar Amerika yang menjadi anggota jaringan ARPANET.

Pada tahun yang sama pula, dua orang ahli komputer Vinton Cerf dan Bob Khan mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar yang menjadi cikal bakal pemikiran International Network. ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Sussex University.

1973, sejarah jaringan komputer untuk desain ethernet, ditandai oleh Robert Metcalfe dengan menyusun metode koneksi jaringan ethernet di Xerox Palo Alto Research Center. Pada tanggal 22 Mey 1973 dia menulis melalui mesin ketik selektriknya mengenai ether acquisition. Dengan diagram gambar tangan ditunjukkan interkoneksi’ boosters´ kabel bercabang, telepon, dan rasio eter ekarang kita sebut internet…

Sejarah jaringan komputer, Tahun 1975, Telenet, packet-switching network komersi sipil yang setara ARPANET, lahir dari Gagasan Larry Roberts, Telenet terhubung ke7 kota pelanggan . Telenet mewakili nilai tambah jaringan pertama, atau disebut VAN karena yang ditawarkan lebih di luar layanan dasar sekedar koneksi komputer.

1976 sejarah jaringan komputer di simbolis oleh Ratu Inggris Elizabeth II, Ratu Inggris, mengirimkan e-mail pada 26 Maret dari Royal Signals and Radar Establishment (RSRE) Malvern sebagai bagian dari demonstrasi teknologi jaringan
Pada tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin menciptakan Newsgroups pertama yang diberi nama USENET (User Network). pada tahun 1981, France Telecommenciptakan sebuah gebrakan baru dengan meluncurkan telepon televisi pertama dunia (orang dapat saling menelepon sambil berinteraksi denagan Video link).

sejarah jaringan komputer khusunya internet, terbentuknya istilah TCP/IP. Seiring dengan bertambahnya komputer yang membentuk jaringan, dibutuhkan sebuah protokol resmi yang dapat diakui dan diterima oleh semua jaringan. untuk itu, pada tahun 1982 dibentuk sebuah komisi Transmission Control Protocol ( TCP ) atau lebih dikenal dengan sebutan Internet Protocol ( IP ) yang kita kenal hingga saat ini. sementara itu, didaratan Eropa muncul sebuah jaringan tandingan yang dikenal dengan Europe Network (EUNET) yang meliputi wilayah Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia. Jaringan eunet ini menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.

Untuk menyeragamkan alamat jaringan komputer yang sudah ada, pada tahun 1984 diperkenalkan system dengan nama DOMAIN yang lebih dikenal dengan Domain Name System ( DNS ). dengan system DNS, komputer yang tersambung dengan jaringan melebihi 1.000 komputer. pada tahun 1987 diperkirakan komputer yang tersambung ke jaringan tersebut melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 komputer lebih.

Sejarah jaringan Komputer Dekade 80an

sejarah jaringan komputer di tahun 1983, ARPANET terbagi dua ARPANET dan MILNET, terpecah menjadi militer (MILNET) dan segmen sipil (ARPANET). Hal ini dimungkinkan oleh adopsi TCP/IP, standar jaringan, tiga tahun sebelumnya. ARPANET ini berganti nama menjadi “Internet” pada tahun 1995.

1985, Internet Modern memperoleh dukungan ketika National Science foundation membentuk NSFNET, menghubungkan lima pusat superkomputer di Princeton University, Pittsburgh, University of California di San Diego, University of Illinois di Urbana-Champaign, dan Universitas Cornell., beberapa jaringan regional segera dikembangkan; Akhirnya, pemerintah menindahkan bagian-bagian ARPANET untuk NSFNET.

Tahun 1988, Jarkko Oikarinen berkebangsaan Finlandia menemukan sekaligus memperkenalkan Internet Relay Chat atau lebih dikenal dengan IRC yang memungkinkan dua orang atau lebih pengguna komputer dapat berinteraksi secara langsung dengan pengiriman pesan ( Chatting ). akibatnya, setahun kemudian jumlah komputer yang saling berhubungan melonjak 10 kali lipat. tak kurang dari 100.000 komputer membentuk sebuah jaringan.pertengahan tahun 1990 merupakan tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee merancang sebuah programe editor dan browser yang dapat menjelajai komputer yang satu dengan yang lainnya dengan membentuk jaringan. programe inilah yang disebut WWW atau World Wide Web.

Sejarah Jaringan Komputer dekade 90an

Sejarah jaringan komputer pada awal dekade ini, Berners-Lee proposal World Wide Web lahir ketika Tim Berners-Lee, seorang peneliti di CERN, laboratorium fisika energi tinggi di Jenewa, mengembangkan markup language. seperti umumnya dikenal HTML, Internet diperbolehkan untuk memperluas ke World Wide Web.

Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui lebih dari stau juta komputer. pada tahun yang sama muncul satu istilah yang beken, yaitu Surfing ( Menjelajah ).

Tahun 1993 Screen Capture dari asli Mosaic Browser, Browser Mosaic web dirilis. Mosaic adalah perangkat lunak komersial pertama yang memungkinkan akses grafis ke konten di internet. Dirancang oleh Eric Bina dan Marc Andreessen di Pusat Universitas Nasional Illinois untuk aplikasi superkomputer, mosaik pada awalnya dirancang untuk menjalankan X-windows sistem Unix. Pada tahun 1994, Mosaic adalah tersedia untuk beberapa sistem operasi lain seperti Mac OS, Windows dan AmigaOS.

Sejarah jaringan komputer pada tahun 1994, situs-situs Dunia mulai tumbuh dengan subur (setidaknya, saat itu terdapat 3.000 alamat halaman) dan bentuk pertama kalinya Virtual Shopping atau e-retail muncul diberbagai situs. Dunia langsung berubah dengan diluncurkannya perusahaan Search Engine Pertama, yaitu Yahoo!. yang dibangun oleh David Filo dan Jerry yang pada bulan April 1994. Netscape Navigator 1.0. diluncurkan dipenghujung tahun 1994.

Hingga masa ini lahir media jejaring sosial dari awal millenium 21 dari frienster dan saat ini populer adalah Facebook dan Twiter flicker adalah hasil dari sejarah yang panjang dari sejarah jaringan komputer dan Internet.

Tipe Teknologi Jaringan

Teknologi peer – to – peer

Keuntungan Jaringan Peer To Peer
1. Antar komputer dalam jaringan dapat saling berbagi-pakai fasilitas yang dimilikinya seperti: harddisk, drive, fax/modem, printer.
2. Biaya operasional relatif lebih murah dibandingkan dengan tipe jaringan client-server, salah satunya karena tidak memerlukan adanya server yang memiliki kemampuan khusus untuk mengorganisasikan dan menyediakan fasilitas jaringan.
3. Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server. Sehingga bila salah satu komputer/peer mati atau rusak, jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan.

Kerugian Jaringan Peer To Peer
1. Troubleshooting jaringan relatif lebih sulit, karena pada jaringan tipe peer to peer setiap komputer dimungkinkan untuk terlibat dalam komunikasi yang ada. Di jaringan client-server, komunikasi adalah antara server dengan workstation.
2. Unjuk kerja lebih rendah dibandingkan dengan jaringan client- server, karena setiap komputer/peer isamping harus mengelola emakaian fasilitas jaringan juga harus mengelola pekerjaan atau aplikasi sendiri.
3. Sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user dengan mengatur masing-masing fasilitas yang dimiliki.
4. Karena data jaringan tersebar di masing-masing komputer dalam jaringan, maka backup harus dilakukan oleh masing- masing komputer tersebut.

Teknologi Client - Server

Keuntungan Client-Server
1. Client-server mampu menciptakan aturan dan kewajiban komputasi secara terdistribusi.
2. Mudah dalam maintenance. Memungkinkan untuk mengganti, memperbaiki server tanpa mengganggu client.
3. Tempat penyimpanan terpusat, update data mudah. Pada peer-to-peer, update data sulit.
4. Mendukung banyak clients berbeda dan kemampuan yang berbeda pula.

Kerugian Client-Server
1. Traffic congestion on the network, jika banyak client mengakses ke server secara simultan, maka server akan overload.
2. Berbeda dengan P2P network, dimana bandwidthnya meningkat jika banyak client merequest. Karena bandwidth berasal dari semua komputer yang terkoneksi kepadanya.
3. Kelangsungan jaringan bergantung pada server, bila jaringan pada server terganggu, maka semua akan ikut terganggu.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer
  • Local Area Network (LAN)
LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya dan saling bertukar informasi.
  • Metropolitan Area Network (MAN)
MAN merupakan LAN versi yang lebih besar. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang berdekatan dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum.
  • Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN) mencakup daerah geografis yang luas, sertingkali mencakup sebuah negara atau benua.WAN terdiri dari kumpulan mesin yang bertujuan untuk mejalankan program-program aplikasi.

Macam-Macam Topologi jaringan Komputer

Topologi Type Bus
Topologi jaringan komputer Bus kedua ujung jaringan harus diakhiri dengan terminator. Laras konektor dapat digunakan untuk menyambung/menambah panjang. topologi Bus merupakan topologi jaring komputer paling tua dalam teknologi jaringan Ethernet dan terdiri dari cable coaxial yang menghubungkan komputer yang ada dalam jaringan dimana tiap komputer terhubung dengan sambungan konektor BNC jenis T

Topologi Star
Semua perangkat berputar di sekitar hub pusat, yang adalah apa kontrol komunikasi jaringan, dan dapat berkomunikasi dengan hub lain. Rentang batas adalah sekitar 100 meter dari hub. Di dunia jaringan komputer, topologi yang paling umum digunakan dalam LAN adalah topologi jaringan komputer type star. Topologi star dapat dibuat di rumah, kantor, sekolah dll. Semua komputer dalam topologi star terhubung ke perangkat sentral seperti hub, switch atau router. Komputer di jaringan yang biasanya dihubungkan dengan hub, switch atau router dengan 1.527 Twisted Pair (UTP) atau shielded Twisted Pair kabel. Topologi jaringan model Star ini sama halnya anda menarik satu kabel dari setiap komputer menuju pada pusat kosentrasi seperti Switch. Switch menangani Switching traffic keluar ke node lainnya dalam satu jaringan.

Topologi Ring
Topologi jaringan komputer type Ring, perangkat terhubung dari satu ke yang lain, seperti dalam sebuah cincin. data token digunakan untuk memberikan izin untuk setiap komputer untuk berkomunikasi. Node berkomunikasi dengan formasi Ring, dengan setiap node berkomunikasi langsung hanya dengan upstream dan downstream tetangganya saja. komputer atau perangkat memiliki dua tetangga yang berdekatan untuk komunikasi. Di ring network, semua pesan komunikasi perjalanan dalam direktori yang sama Apakah searah jarum jam atau lawan arah jarum jam.

Topologi Type Mesh
Topologi jaringan komputer type Mesh merupakan suatu hubungan satu sama lain diantara beberapa node. Umumnya, suatu topologi mesh dimaksudkan untuk keperluan redundancy. Setiap jaringan kampus harus menerapkan suatu topologi mesh untuk mencapai tingkat redundancy dan fault tolerance yang merupakan tuntutan bisnis dari jaringan data mereka.Ada dua jenis mesh yaitu full mesh dan partial mesh topologi. Full mesh – setiap node saling berhubungan satu sama lain dengan dedikasi line tersendiri sementara partial seperti namanya hanya sebagian saja mempunyai jalur menurut kebutuhan. Mesh topologi bekerja pada konsep rute. Pada Topologi Mesh, pesan yang dikirim ke tujuan melalui ruter terpendek, yang termudah untuk mencapai tujuannya. Topologi jaringan yang dibahas sebelumnya topologi star dan bus, pesan biasanya dikirim ke setiap komputer, terutama dalam topologi bus. Demikian pula pada Topologi Ring pesan dapat melakukan perjalanan dengan hanya satu arah yaitu searah jarum jam atau anticlockwise. Internet menggunakan Topologi Mesh, pesan menemukan rute untuk tujuan. Router bekerja di menemukan rute untuk mengirim pesan mengantarkan ke tempat tujuan .

Topologi Type Hybrid
Topologi jaringan komputer type hybrid adalah Topologi jaringan komputer yang kompleks, dibangun di atas dari dua atau lebih topologi jaringan. Jaringan hibrid bisa saja gabungan topologi jarinagan star-bus, star-ring network, dan jaringan mesh dengan hubungan antara berbagai komputer pada jaringan. Jaringan mesh idealnya memungkinkan setiap komputer memiliki koneksi langsung ke masing-masing komputer lain

Topologi Type Tree
Topologi jaringan komputer Type Tree terdiri dari topologi multi star di bus. Topologi tree mengintegrasikan topologi multi star bersama-sama ke bus. Hanya hub perangkat dapat terhubung langsung dengan bus tree dan masing-masing fungsi Hub sebagai perangkat jaringan akar tree. Topologi jaringan komputer ini disebut juga sebagai topologi jaringan komputer bertingkat. Topologi jaringan ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan komputer Type Tree ini paling ideal digunakan pada sistem jaringan komputer. Pada jaringan Tree, terdapat beberapa tingkatan simpul atau node. Pusat atau simpul yang lebih tinggi tingkatannya, dapat mengontrol simpul dibawah tingktannya. Data yang dikirim perlu melalui simpul pusat terlebih dahulu. Misalnya untuk bergerak dari komputer dengan node-4 kekomputer node-8 seperti halnya pada gambar, data yang ada harus melewati node-4, 6 dan node-7 sebelum berakhir pada node 8. Kombinasi bus/star/hybrid ini mendukung masa depan upgrade dari jaringan komputer, jauh lebih baik daripada bus atau star.
Demikian gambaran Pengertian Topologi Jaringan komputer dan Macam-Macam (Type) Topologi Jaringan komputer semoga menambah pemahaman kita menenai Topologi jaringan komputer.


Manfaat Jaringan Komputer
  1. Jaringan komputer memungkinkan manajemen sumber daya yang lebih efisien.
  2. Jaringan computer membantu pertahanan informasi agar tetap handal dan up to date. Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengakses data dari berbagai lokasi yang berbeda.
  3. Jaringan computer membantu mempercepat proses berbagi data(data sharing). Transfer data pada sebuah jaringan lebih cepat dibandingkan dengan berbagi data menggunakan yang bukan jaringan.
  4. Jaringan computer memungkinkan kelompok kerja berkomunikasi dengan lebih efisien.
  5. Jaringan computer membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif.

"Terimakasih Telah Berkunjung Semoga Bermanfaat"


Sumber :

About Tiga Sahabat

Hi, I am Hafeez Ullah Khan. A webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of geeks and professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar untuk membangun blog kecil ini. terimakasih

© 2015 - Designed by: Templatezy & Copy Blogger Themes