Ads

Jumat, 13 Januari 2012

Tips Mengajari Anak Kebiasan Hidup Sehat di Rumah

Posted By: Tiga Sahabat - 17.46
9 months girl opening house window
ILUSTRASI
KEBIASAAN hidup sehat harus dimulai sejak dini. Kebiasaan baik akan terpatri dalam hati. Kalaupun ada pelajaran tambahan di sekolah atau tempat les, itu akan jadi bonus yang baik untuk anak-anak.
Hal itu menjadi tameng paling kuat dalam kondisi kesehatan masyarakat yang kurang baik seperti sekarang ini. Anak-anak tidak akan bingung lagi ketika harus beraktivitas bahkan makan di luar rumah.
Mereka akan tahu langkah-langkah preventif dan makanan apa yang harus dipilih dan dihindari. Apa dan bagaimana cara yang tepat untuk mengajari anak-anak? Berikut langkah-langkahnya.
-    Libatkan anggota keluarga saat memilih makanan. Serahkan pada suara terbanyak dalam memilih menu harian atau mingguan. Keputusan untuk mendikte menu makanan dengan alasan penghematan waktu, akan membuat anggota keluarga bosan dan cenderung tidak peduli. Buatlah pilihan makanan sehat dan komunikasi itu akan membuat si kecil tahu, jenis-jenis makanan apa saja yang harus dihindari dan boleh dipilih.
-    Ajarkan anak untuk mengunyah pelan-pelan. Anak-anak akan bisa mendeteksi dengan baik kapan dia lapar atau sudah kenyang. Sehingga dia bisa memutuskan berapa banyak porsi yang dibutuhkan.
-    Makan bersama. Sesibuk apa pun anggota keluarga, upayakan untuk menjadwalkan acara makan bersama, entah itu pagi, siang, atau sore. Jadikan waktu makan acara dan obrolan yang menyenangkan, dengan saling berbagi cerita. Jika acara makan penuh perdebatan dan ketegangan, anak-anak biasanya malah pasif dan cenderung menghindar. Mereka akan mengasosiasikan makan dengan stres.
-    Ajarkan anak-anak untuk memilih air putih dan susu dibanding jus, minuman bersoda, dan minuman dalam kemasan yang umumnya terlalu manis untuk mereka.
-    Perbanyak sayuran dan buah-buahan, serta makan dari olahan bahan segar. Hindari dan minimalkan makanan berlabel junk food dari keranjang belanja Anda.
-    Libatkan anak-anak dalam memilih makanan, saat berbelanja mingguan atau bulanan. Cara ini selain efektif mengajarkan anak tentang sumber makanan sehat, juga bisa pelan-pelan memberi tahu mereka tentang nutrisi dan zat-zat baik yang terkandung dalam makanan serta fungsinya untuk mereka.
-    Rencanakan camilan untuk keluarga. Ngemil tak berkesudahan membuat anak kelebihan makan, dan akibatnya jadi kelebihan berat badan. Perencanaan camilan yang baik, artinya memperhatikan hal-hal secara menyeluruh, mulai dari memilih jenis camilan hingga kapan memakannya. Hal ini membuat anak tidak akan kehilangan nafsu makan saat jam makan yang sesungguhnya.
-    Hindari TV saat makan. Kebiasaan menonton membuat kebiasaan makan anak-anak berantakan. Bisa lupa makan, atau bahkan keasyikan makan.
-    Pastikan keseimbangan gizi di luar rumah. Cara terbaik adalah membawakan mereka kota makan siang dan camilan. Kalau kebetulan makan di luar rumah, pilihlah tempat atau menu yang sehat untuk anak.
-    Cuci tangan. Ajarkan cara cuci tangan yang baik kepada anak-anak. Elemen air, sabun, dan mengeringkan harus diperhatikan. Bekali anak dengan saputangan atau tisu.
-    Tidur yang cukup juga patut diajarkan kepada anak-anak. Beri tahu mereka, tidur yang cukup adalah tidur selama 8 jam sehari karena mengembalikan sel-sel yang rusak dan membantu mereka memaksimalkan pertumbuhan tulang dan tinggi badan.
-    Kebiasaan sikat gigi dua kali sehari juga patut diajarkan, karena anak-anak rentan masalah kesehatan mulut dan gigi. Kalau aktivitas anak-anak cukup banyak di luar rumah, jangan segan membekali mereka sikat gigi dan odol.
-    Lakukan aktivitas fisik bersama keluarga. Anak-anak yang terbiasa diajak melakukan olahraga bersama seperti jalan kaki, bersepeda, dan berenang akan lebih aktif, sehat, dan akan terus melakukannya hingga mereka dewasa.

About Tiga Sahabat

Hi, I am Hafeez Ullah Khan. A webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of geeks and professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar untuk membangun blog kecil ini. terimakasih

© 2015 - Designed by: Templatezy & Copy Blogger Themes